Bentuk Rumusan Permasalahan

Bentuk Rumusan Permasalahan
Contoh pernyataan permasalahan di atas mengambil bentuk satu pernyataan disusuloleh beberapa pertanyaan. Castette dan Heisler (1984, 11) menjelaskan bahwa secarakeseluruhan ada 5 macam bentuk pernyataan permasalahan, yaitu:
(1) bentuk satu pertanyaan (question);
(2) bentuk satu pertanyaan umum disusul oleh beberapa pertanyaan yang spesifik;
(3) bentuk satu penyataan (statement) disusul oleh beberapa pertanyaan (question).
(4) bentuk hipotesis; dan
(5) bentuk pernyataan umum disusul oleh beberapa hipotesis.
Bentuk Hipotesis nampaknya jarang dipakai lagi pula, biasanya perletakan hipotesis dalamlaporan atau usulan penelitian tidak menempati posisi yang biasa ditempati oleh pernyataanpermasalahan. Hal yang lain, bentuk pertanyaan seringkali dapat diujudkan (diubah) pulasebagai bentuk pernyataan. Dengan demikian, secara umum, hanya ada dua bentukpernyataan permasalahan:
(1) Bentuk satu pertanyaan atau pernyataanMisal:(a) Pertanyaan:“Seberapa pengaruh tingkat penghasilan pada perubahan fisik rumahperumahan KPR?”“Faktor-faktor apa saja dan seberapa besar pengaruh masing-masing faktorpada persepsi penghuni terhadap desain rumah sub–inti?”(b) Pernyataan (biasanya diungkapkan sebagai “maksud”)“Maksud penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh tingkatpenghasilan pada perubahan fisik rumah perumahan KPR.”“Maksud penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja danseberapa besar pengaruh masing-masing faktor pad persepsi terhadap desainrumah sub–inti.
Bentuk satu pertanyaan atau pernyataan umum disusul oleh beberapa pertanyaan ataupernyataan yang spesifik (Catatan: kebanyakan permasalahan terlalu besar ataukompleks sehingga perlu dirinci)Misal:Permasalahan umum: Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi hasil desain seorangarsitek dan seberapa pengaruh tiap-tiap faktor? Lebih spesifik lagi, permasalahandalam penelitian ini dapat dirinci sebagai berikut:
(a) Apakah sekian faktor yang mempengaruhi hasil desain seorang arsitek secaraumum di Amerika Serikat terjadi pula di Indonesia?
(b) Seberapa besar pengaruh faktor-faktor tersebut mempengaruhi hasil desain

Tentang Tri suryo ari wicaksono

standar
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s